SAP dan ABAP, Apa Itu?

ABAP adalah bahasa pemrograman milik SAP yang ditujukan untuk pengelolaan perusahaan skala besar dan menengah. SAP sendiri merupakan aplikasi ERP dari Jerman yang belakangan ini sangat populer.  Mungkin bisa dianalogikan dengan MATLAB-nya ERP. Jika MATLAB aplikasi yang kaya dengan fungsi-fungsi sientific, maka SAP merupakan aplikasi ERP dengan beragam fungsi dan database  untuk mengelola perusahaan secara terstandar. Sekitar 80% fungsi-fungsi perusahaan telah disediakan SAP, sisanya baru disesuaikan atau dikembangkan sendiri oleh perusahaan baik oleh internal perusahaan maupun jasa konsultan. Nah, penyesuaian ini menggunakan bahasa pemrograman ABAP.

SAP sendiri mulai booming di Indonesia. Selain karena telah memiliki business process terstandar, kode-kode ABAP di SAP maintainable. Salah satu perusahaan susu terbesar di Indonesia beberapa waktu lalu beralih ke SAP dari aplikasi internal mereka yang dikembangkan dari Java dengan alasan maintainability. Hal ini disebabkan ketika mereka perlu mengkustomisasi ulang aplikasi yang telah mereka gunakan, mereka kesulitan menemukan konsultan Java yang mampu mengembangkan aplikasi tersebut, sementara perusahaan konsultan dimana mereka mengembangkan aplikasi tersebut telah bubar.

Konsultan SAP terbagi menjadi tiga bagian utama: Fungsional, ABAPer, dan Basis. Fungsional bertugas mengidentifikasi requirement user dan menuliskan Functional Specification yang selanjutnya akan diterjemahkan menjadi baris-baris kode pemrograman ABAP oleh ABAPer. Hasil kode ABAP kemudian diuji oleh fungsional, jika telah sesuai, maka program yang dikembangkan ABAPer tadi di-transport ke Production system oleh Basis. Basis juga melakukan instalasi SAP dan Database Management System.

Nah, pertanyaan berlanjut, apa itu Production system?

Dalam suatu sistem SAP, biasanya terdapat beberapa client yang ditunjukkan oleh bilangan unik sepanjang tiga digit. Client ini menentukan ke subsistem mana seorang user akan masuk. Pada umumnya, terdapat tiga subsistem pada instalasi SAP, yakni development system, QA & test system, serta production system. Seorang user akan login ke Production System untuk melakukan tugas hariannya.  Adanya mekanisme client ini mencegah adanya perubahan data atau hilangnya data penting dari database ketika aplikasi ABAP dikembangkan.  Perubahan data hanya dilakukan melalui aplikasi yang benar-benar teruji ‘sahih’ dan telah ter-transport ke production system.

Personal Opinion

Bagi saya sendiri  aplikasi bahasa pemrograman SAP cukup sempit, hanya di lingkungan korporat skala menengah ke atas. Lantas, apa menariknya SAP? Mungkin reward. Keahlian di SAP menjanjikan keuntungan finansial yang cukup besar. Saya pernah bertemu dengan seorang Fungsional yang telah berkutat di SAP selama 12 tahun, dan pendapatannya ketika beliau terjun dalam projek pengembangan SAP di atas 5000 USD per bulan!

Meskipun demikian, dengan berbagai pertimbangan, kemarin saya memutuskan untuk berhenti dari ABAPer.  Mungkin di lain waktu akan saya coba uraikan alasannya. Oh iya, ABAP menduduki urutan ke-16 dalam urutan bahasa pemrograman versi TIOBE programming index. *belummandidansarapan*

Posted in IT

13 thoughts on “SAP dan ABAP, Apa Itu?

  1. Mampir Fath ke situs kamu. Salut deh bisa nyobain bahasa yang aneh-aneh😉. Indeks-nya TIOBE valid gak, C ternyata bahasa paling populer kedua setelah Java!

    1. sugeng rawuh za🙂 , ga kok, aku gak belajar bahasa aneh-aneh, baru apab saja dan belum mendalam. TIOBE menghitung hasil pencarian search engine populer menggunakan kata kunci bahasa pemrograman tertentu, kemudian menghitung jumlah temuannya pada waktu tertentu pula, CMIIW. Iya ya, dan java terus menjadi yang terpopuler tuuh. Ruby ke-10. Oh iya, kalo ga salah koprol dibangun dari ruby!😉

      1. Ruby on Rails, framework buat bikin web. Aneh ya, padahal C kan sulit manajemen memori-nya. Mending pakai bahasa yang lebih tinggi, seperti Python, Ruby, atau Java. Tapi ya begitulah, ane juga masih suka C. It feels closer to the machine.

  2. Meskipun demikian, dengan berbagai pertimbangan, kemarin saya memutuskan untuk berhenti dari ABAPer. Mungkin di lain waktu akan saya coba uraikan alasannya.

    ditunggu fath sekuelnya ^^

    1. kabar baek bang tom, nih tim KS pada sibuk mau go live yak? =)
      belum gawe ni… yang ada, sesekali sibuk jadi pelanggan warung makan padang =p

  3. Mantab artikelnya.
    ditunggu artikel2 yg lainnya. 🙂

    saya stuju sekali dengan analogi ERP SAP adalah MATLAB-nya ERP. Jika MATLAB aplikasi yang kaya dengan fungsi-fungsi sientific, maka SAP merupakan aplikasi ERP dengan beragam fungsi dan database untuk mengelola perusahaan secara terstandar.
    hampir semua bid industri sudah memakai ERP SAP.

    Bisa dibayangkan ..banyak sekali tenaga kerja di bid developer / programmer SAP – ABAP semakin diminati.
    bagi yang ingin belajar SAP – ABAP secara mudah dapat mengakses : http://www.safari-pentas-abap.blogspot.com/

    ditampilkan dalam format grafis yang sangat mudah dimengerti oleh pemula karna menggunakan bhs indonesia

  4. Meskipun demikian, dengan berbagai pertimbangan, kemarin saya memutuskan untuk berhenti dari ABAPer. Mungkin di lain waktu akan saya coba uraikan alasannya…?

    mas fathoni alasannya apa meninggalkan abap? apa sdh pindah ke bhs program yang laen..

    thks…

    1. hehe.. mungkin asumsi-asumsi yang dulu ingin daya uraikan, ada yang miss, mas wanto. tapi saat itu saya sdg ingin melanjutkan kuliah. ^^. Terima kasih kunjungannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s