Analisis Web UKM-Center: Penutup (Bagian 5/5)

Kesimpulan

Di Indonesia, banyak situs yang tidak memperhatikan mengenai tampilan suatu web. Padahal pengguna internet di Indonesia cukup banyak, dengan pertambahan pengunjung yang semakin cepat tiap waktu. Oleh karena itu, bagaimana interaksi di suatu website dengan pengunjung perlu diperhatikan. Ketidakprofesionalan pengelolaan interaksi antara sebuah situs dengan pengunjung memberikan kesan instansi tersebut juga tidak profesional.

Dalam pengembangan website ukm-Center.org, masih ada beberapa kekurangan terkait dengan usability, yaitu waktu load yang lama, deskripsi yang terlalu panjang, klasifikasi halaman yang tidak logis, content tidak ter-update, content yang hilang, halaman yang belum terselesaikan, form memerlukan data yang tidak benar-benar diperlukan, kontrol yang membingungkan. penggunaan tipe menu yang kurang tepat, back end yang belum berjalan, duplikasi hasil search, hasil search yang kurang relevan, urutan hasil search tidak berdasarkan relevansi, banyak hits tidak ditampilkan, persaingan antar menu, penunjuk halaman yang sedang diakses, link aktif yang merujuk ke halaman itu sendiri, pilihan default yang kurang tepat, pengesetan fokus tidak dilakukan secara otomatis, peringatan kesalahan, terlalu banyak teks, pemilihan kata, penulisan yang tidak konsisten, kesalahan tata bahasa, link ganda, kesalahan link, link semu, link yang tidak terlihat seperti link, link yang telah dikunjungi tidak terlihat berbeda, warna teks terlalu beragam, penggunaan flash untuk animasi yang tidak terlalu penting, tidak ada ‘alternative text’, dan menu yang mengganggu

Ada beberapa sisi positif dari aspek usability ini bagi pengguna, misalnya ukuran teks yang standar, tidak terlalu kecil atau terlalu besar sehingga mudah dibaca. Adanya breadcrumb yang menunjukkan sedang di halaman mana pengunjung berada. Penggunaan pilihan default pada bagian Kontak yang sesuai dengan pilihan pengunjung pada umumnya.

Saran

Tulisan ini diharapkan mampu menjadi masukan bagi UKM-Center dalam mengelola situs ukm-center.org. Kekurangan-kekurangan yang ada sebaiknya segera diperbaiki agar pengguna dapat menggunakan situs ini dengan lebih efektif dan efisien.

Maju terus situs indonesia!

Bacaan Lebih Lanjut

Johnson, J. Web Bloopers: 60 Common Web Design Mistakes and How to Avoid Them. San Francisco: Morgan Kaufmann Publishers, 2003.

Krug, S. Don’t Make Me Think: A Common Sense Approach to Web Usability. Indianapolis: New Riders, 2000.

Nielsen, J. Loranger, H. Prioritizing Web Usability. California: New Riders, 2006.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s